I. LATAR BELAKANG

Memperoleh pendidikan yang layak dan berkualitas merupakan hak asasi setiap warga negara Indonesia tanpa memandang status sosial, ekonomi, suku, etnis, agama dan gender.

Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3, tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) sebagai institusi pendidikan tinggi vokasi di bidang teknologi kemaritiman dan penunjangnya turut serta mensukseskan tujuan pendidikan nasional dengan cara memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat menikmati pendidikan agar daya saing bangsa meningkat.

Pada Tahun Akademik 2018/2019 PPNS membuka proses seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru dengan jalur :

  1. Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)-PPNS.
  2. Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)-PN.
  3. Jalur Seleksi Bersama Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN).
  4. Jalur Mandiri PPNS.


Mempertimbangkan adanya keterbatasan daya tampung, maka hanya siswa pelamar yang benar-benar memenuhi persyaratan dan dianggap berpotensi yang akan diterima sebagai calon mahasiswa PPNS.

II. TUJUAN

Tujuan penyelenggaraan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya antara lain:

  1. Memberikan kesempatan bagi siswa SMA/MA/SMK dari seluruh Indonesia yang mempunyai minat dan kemampuan akademik serta prestasi di bidang akademik, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler minimal di tingkat Sekolah untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.
  2. Memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang berprestasi sesuai dengan kriteria point ke-1 di atas namun kurang mampu secara ekonomi.
  3. Meningkatkan angka partisipasi aktif masyarakat untuk mengenyam pendidikan tinggi.
  4. Menyiapkan lulusan yang mempunyai keahlian di bidang teknologi kemaritiman, teknologi penunjang kemaritiman, serta teknik keselamatan & kesehatan kerja.
  5. Memenuhi kebutuhan stakeholder